SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 12 Februari 2013

Tips Cara Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Kram saat menstruasi bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Kram menimbulkan rasa sakit seperti sakit gigi atau sakit kepala ringan. Tetapi, rasa sakitnya bisa sangat mengganggu sehingga turut mengacaukan aktivitas Anda sehari-hari.

Pada beberapa perempuan, rasa sakitnya bahkan sangat parah sehingga membuat mereka hanya bisa meringkuk sambil menekan perut. Hal ini tentunya sangat mengganggu. Untuk mengurangi rasa sakit dan membantu Anda agar tetap bisa beraktivitas seperti baisa, berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba.

1. Jaga diet sehat termasuk makan banyak sayur dan buah serta perbanyak minum air putih. Cara ini juga bisa digunakan untuk meneliti pengaruh makanan tertentu terhadap menstruasi.

2. Konsumi kalsium, magnesium dan vitamin D ekstra. Mineral-mineral ini sangat penting dalam menjaga fungsi otot. Otot-otot yang lemah (misalnya uterus) cenderung mudah mengalami kram.

Beberapa studi ilmiah menemukan bukti bahwa xenoestrogens dan fitoestrogen biasanya merupakan penyebab kram saat menstruasi.

Xenoestrogens merupakan zat yang menyerupai estrogen. Xenoestrogens bisa berupa zat-zat kimia yang terdapat pada barang-barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti lotion, shampo, serta deterjen. Sedangkan fitoestrogen adalah estrogen tumbuhan yang bisa ditemukan pada beberapa herbal. Kram bisa diatasi dengan menjauhi kedua zat ini selama menstruasi. Xenoestrogens dan fitoestrogen bisa menyebabkan kekurangn magnesium dan vitamin B. Kekuangan magnesium bisa memicu kram dan kekurangan vitamin B bisa memicu neurophaty.

3. Relakskan otot-otot Anda, misalnya dengan menggunakan minyak lavender saat mandi.

4. Mandi air hangat atau mendekatkan botol diisi air hangat ke perut dan punggung bagian bawah juga bisa membantu.

5. Tarik napas dalam-dalam sambil mendengarkan musik bernuansa lembut.

6. Olahraga, Anda bisa memilih renang atau jalan, kedua jenis olahraga ini merupakan olahraga ringan dan tidak menimbulkan stres.

7. Hindari berdiri untuk jangka waktu lama jika punggung bawah Anda sakit.

8. Anda juga bisa memijat punggung bagian bawah untuk meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit.

9. Tambahkan vitamin B kompleks ke dalam diet Anda. Vitamin B6 juga penting, tapi batasi dosisnya jangan lebih dari 100 miligram per hari.

Sumber : http://arsada.tv/news/tips-sehat/atasi-kram-saat-menstruasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar