SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 26 Februari 2013

Berbagai Macam Teknik Pijat yang Menyehatkan Tubuh

Jakarta - Setelah berjibaku dengan pekerjaan, bepergian ke luar negeri dalam waktu lama atau stres karena banyak urusan yang harus diselesaikan, apa yang bisa lebih merelaks-kan tubuh dan pikiran selain pijatan? Pijat merupakan cara tradisional yang efektif untuk menghilangkan rasa lelah, tegang bahkan bisa jadi terapi pengobatan. Beda teknik pijat, beda pula khasiatnya. Ketahui enam teknik pijat paling populer ini dan manfaatnya, seperti dilansir Health Me Up.

1. Swedish Massage Therapy
Merupakan teknik pijat yang paling umum, dan biasanya bermanfaat membuat seluruh tubuh terasa relaks. Pijatan dilakukan secara perlahan, lembut dan panjang dengan gerakan tangan menekan, meremas dan memutar. Tekanan biasanya mengikuti arah aliran darah menuju jantung. Pijatan ini sangat lembut dan melemaskan otot, cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba terapi pijat.

2. Aromatherapy Massage
Jenis pijat ini biasanya tersedia di klinik kesehatan atau kecantikan holistik. Aromatherapy massage merupakan terapi pijat yang menggunakan minyak esensial dari tanaman beraroma harum. Setiap jenis minyak esensial memiliki manfaat yang berbeda sesuai yang dibutuhkan. Manfaat pijat aromatherapy biasanya menyeluruh dan memengaruhi sistem syaraf, sirkulasi darah, limfatik, imun dan otot. Cocok untuk relaksasi, menjernihkan pikiran, mengatasi stres dan meredakan sakit kepala.

3. Balinese
Pijat dari negeri sendiri ini menawarkan pijatan yang intens dan dirancang untuk memulihkan otot-otot yang tegang. Terapis akan menggunakan berbagai variasi teknik dengan gerakan acupressure (menekan pada titik-titik tubuh tertentu dan telapak tangan) dan pijatan seperti sliding, long exploration, short exploration dan meremas. Kombinasi pijat, acupressure, and refleksi sangat baik untuk melemaskan otot dan sesuai bagi Anda yang mengalami nyeri sendi, otot tegang serta cedera ringan akibat olahraga.

4. Tibetan
Termasuk salah satu jenis pijat tertua dan biasa digunakan untuk pengobatan. Menggunakan teknik pijat yang cukup familiar dan sering digunakan para terapis pijat seperti mengusap, meremas, menekan dan memutar. Namun terfokus di bagian-bagian yang vital bagi kesehatan tubuh. Membantu menyehatkan tubuh secara fisik dan psikis, pijat ini membantu tingkatkan metabolisme, tidur lebih baik, meningkatkan nafsu makan dan mood.

5. Ayurvedic
Pijat Ayurvedic menggunakan pijatan yang kuat dan lebih fokus pada titik-titik akupunktur. Perawatan dengan pijat ini bisa membantu meringankan sakit pada tubuh, masalah seksual, lelah, menghilangkan toksin, meperlambat penuaan, melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan kulit, membuat tidur lebih nyenyak, menambah vitalitas dan fleksibilitas.

6. Lomi Lomi
Jenis pijat unik yang berasal dari zaman kuno di Polinesia dan banyak diterapkan oleh ahli penyembuh di Hawaii. Terapi pijat ini banyak menggunakan telapak tangan dan siku untuk membuat seluruh tubuh relaks dan segar. Pijatan bisa dilakukan oleh satu, dua hingga beberapa terapis.

http://wolipop.detik.com/read/2013/02/27/083057/2180677/1135/berbagai-macam-teknik-pijat-yang-menyehatkan-tubuh?w992201835

Tidak ada komentar:

Posting Komentar