SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Jumat, 25 April 2014

Makanan yang baik dan sehat pasca keguguran

Pasca keguguran apa yang boleh dimakan? Pertanyaan tersebut mungkin sering muncul dikarenakan kondisi ibu yang setelah melahirkan begitu lemah, dikarenakan banyak kehilangan cairan dan darah juga oksigen serta nutrisi dalam darah.

 Untuk itu Ada beberapa makanan yang baik dan sehat untuk memberikan pemulihan kepada ibu yang mengalami keguguran agar dapat kembali fit seperti semula yaitu :

1. Makanan tinggi zat besi
Makanan yang tinggi akan zat besi dapat membantu menambah produksi sel darah merah dalam membentuk sel darah baru. Perlu diketahui bahwa zat besi dapat mengikat kadar oksigen dalam darah untuk disuplai keseluruh tubuh. Makanan yang mengandung zat besi tinggi terdapat dalam sayur-syuran seperti : bayam, kangkung, daun singkong dan lainnya. Ibu yang baru mengalami keguguran juga perlu mendapat suplemen penambah darah untuk mendukung penambahan darah baru.

2. Makanan tinggi protein
Ibu yang mengalami keguguran dan perdarahan disebabkan adanya perlukaan di daerah dinding rahim sehingga perlu nutrisi untuk percepatan penyembuhan luka tersebut. Makanan yang tinggi protein akan dapat membantu percepatan penyembuhan luka seperti : daging, ikan, ayam, telur. Seperti yang sudah diketahui bahwa ikan yang paling banyak mengandung protein adalah jenis ikan haruan yang hidup di perairan air tawar.

3. makanan / minuman anti perdarahan
Perdarahan yang terjadi pada saat keguguran perlu mendapat masukan makanan untuk mengurangi perdarahan. Jenis makanan atau minuman yang dapat mengurangi perdarahan adalah buah jambu biji dan buah naga kedua buah ini terbukti dapat membantu peningkatan trombosit untuk mengurangi perdarahan dan membentuk keping-keping darah baru untuk menghambat perdarahan.

4. Minum air yang cukup
Perdarahan yang terjadi saat keguguran dapat menyebabkan ibu menjadi dehidrasi atau mungkin ibu mengalami keringat berlebih saat keguguran sehingga diperlukan suplai cairan paling tidak 1,5 liter per hari atau sama dengan 8-12 gelas sehari untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan konstipasi (susah buang air besar).
Jika ibu mengalami konstipasi, otomatis untuk mengedan diperlukan kekuatan otot perut untuk membantu mengeluarkan kotoran. Jika sampai ibu mengedan dengan keras otomatis dinding rahim yang berada di otot perut juga akan terjadi kontraksi sehingga perdarahan kembali terjadi, oleh sebab itu sangat ditakutkan jika konstipasi terjadi.


Read more: http://www.zonakesehatan.info/2013/10/makanan-yang-baik-sehat-pasca-keguguran.html#ixzz2zxQ7HXBJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar