SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Kamis, 10 April 2014

Bimbang Sudah Punya Pasangan Tapi Masih Cinta dengan Mantan

Jakarta - Meskipun hubungan sudah berakhir lama dan kini sudah memiliki kekasih baru, namun tak jarang perasaan pada mantan terdahulu masih sangat kuat dan sulit dilupakan. Terkadang, hal inilah yang membuat Anda jadi ragu tentang masa depan bersama si kekasih baru. Meski sudah menimbang-nimbang baik dan buruknya si mantan dengan kekasih, namun tetap saja sulit merelakannya dan meyakinkan hati untuk move on.

Jika Anda juga sedang mengalaminya, Anda tidak sendiri. Banyak pula wanita yang punya kebimbangan, untuk memilih yang terbaik sebagai teman hidup. Seorang pembaca Wolipop bernama Arin, juga memiliki masalah serupa, dan mengirimkan surat konsultasi kepada psikolog dan konsultan cinta Wolipop, Ratih Ibrahim.

"Saya memiliki kekasih sudah lima bulan. Saat ini pasangan saya ingin hubungan kami ketahap yang lebih serius, tapi saya ragu karena saya masih mencintai mantan kekasih saya. Sampai saat ini saya dan mantan kekasih saya masih komunikasi. Kami juga menginginkan untuk kembali bersama, tetapi saya agak ragu apakah dia bisa jadi pasangan hidup saya atau perasaan saya dengan dia hanya sisa-sisa dari masa lalu. Terima kasih," tulis wanita berusia 23 tahun itu dalam suratnya.

Menurut Ratih Ibrahim, memastikan perasaan pada orang lain memang tidak mudah, apalagi jika perasaan masih terasa mendua. Untuk membantu Anda meyakinkan diri, berikut beberapa poin dari Ratih yang bisa dijadikan masukan.

1. Pastikan Perasaan
Pertama-tama Anda perlu memastikan perasaan terhadap kedua orang tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil waktu untuk lebih mengenal pasangan baru dan juga perasaan sebenarnya terhadap si dia. Demikian juga halnya dengan perasaan Anda terhadap mantan. Tak perlu terburu-buru, dan jalani saja dulu apa yang ada di hadapan Anda sekarang.

2. Memenuhi Kriteria
Untuk membina masa depan, tentunya tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan cinta. Ada beberapa kriteria pendukung lainnya yang juga penting dimiliki. Ratih menyebutkan, ada empat poin yang perlu diperhatikan ketika memiliki pasangan, yaitu: (1) pasangan yang pantas untuk dicintai dan kasihi; (2) pasangan yang dapat dipercaya; (3) pasangan yang bersikap respect terhadap Anda dan sebaliknya; (4) pasangan yang dapat membuat satu sama lain tumbuh dan berkembang bersama menjadi pribadi yang lebih baik. Dari empat kriteria tadi, Anda pun bisa memilih poin mana yang lebih banyak untuk si mantan atau kekasih baru, sebagai pencerahan.

3. Bersikap Tegas
Dengan banyaknya pertimbangan di kepala Anda, pikirkan bibit, bebet dan bobot dari keduanya untuk dijadikan teman hidup. Jika Anda sudah memutuskan, berusahalah untuk konsisten dan tegas dengan keputusan tersebut. Anda juga perlu membatasi komunikasi dengan mantan untuk membantu proses move on dan memilih yang terbaik.

"Jika kamu tidak memiliki niat berpacaran dengannya maka bersikaplah tegas dengan membatasi hubungan kalian, tidak lagi sering melakukan kontak dan bersikap seperti orang pacaran," tutur wanita pemilik layanan psikologi Personal Growth ini.

http://wolipop.detik.com/read/2014/04/07/193809/2548332/852/bimbang-sudah-punya-pasangan-tapi-masih-cinta-dengan-mantan?w992201love

Tidak ada komentar:

Posting Komentar