SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Rabu, 26 Februari 2014

Ukuran Miss V 'Melonggar' Pasca Melahirkan? Begini Mengatasinya


Jakarta, Pasca melahirkan secara normal, tak dapat dipungkiri bahwa ukuran vagina juga turut akan terpengaruh dan 'melonggar'. Hal ini terutama bergantung pada berat badan bayi yang dilahirkan. Nah, bagaimana cara mengatasinya agar kualitas bercinta tak menurun?

"Memang ada penelitian yang mengatakan bahwa berat bayi mempengaruhi, tapi secara umum ukuran vagina akan kembali normal. Namun biasanya berat bayi yang dilahirkan memang akan mempengaruhi elastisitasnya," ujar dr Ali Sungkar, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan RSCM, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/2/2014).

Diakui oleh dr Ali, senam Kegel dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan ukuran vagina yang sempat 'terbuka' akibat jalan lahir. Sependapat dengan dr Ali, dr Prima Progestian, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Brawijaya juga menyebutkan hal yang sama kepada detikHealth.

"Jumlah kelahiran dan bobot bayi pada saat lahir memberi pengaruh. Kalau beratnya 3,5-4 kg, maka akan mengalami trauma. Selain berat badan bayi, bisa juga disebabkan karena alat bantu saat melahirkan. Dengan senam Kegel bisa, tetapi hanya efektif untuk seseorang yang ototnya masih utuh. Kalau ada otot yang putus maka tidak maksimal," papar dr Prima.

Teknik senam kegel tergolong sangat mudah dilakukan. Pertama, kontraksikan otot seperti menahan buang air kecil selama lima detik kemudian kendurkan. Lalu, ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Sementara itu, Dr. dr. I Putu Gede Kayika, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan dari FKUI/RSCM, menyebutkan bahwa jika otot vagina sudah putus, maka senam Kegel mungkin tidak akan memberi pengaruh yang signifikan. "Kalau ototnya sudah putus, maka harus diperbaiki dengan operasi atau dipersempit dengan vaginoplasty," ujarnya.

Kepada detikHealth, beberapa pria mengungkapkan adanya beberapa perubahan dalam hal bercinta pasca sang istri melahirkan secara normal, meskipun tidak signifikan. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang karyawan swasta, Dion (34).

"Banyak anggapan kalau sudah melahirkan itu vagina jadi kendor atau longgar. Mungkin iya kali ya, tapi gue sih nggak ngerasain itu. Vagina pasti bedalah setelah melahirkan, tapi nggak fair juga kalau ceweknya disalahin. Kan banyak cara untuk menikmati hubungan seksual. Coba deh ganti posisi atau role playing game yang seru-seru, pasti sensasinya beda," ujar Dion.

"Kalau dari segi penetrasi nggak ada bedanya, tapi dari segi feeling jelas beda. Dulu banyak momen berdua, nggak ada anak, sekarang ada anak. Jadi intensitas dan momen berdua juga berkurang. Frekuensi berhubungan pun otomatis nggak sebanyak dulu karena sama-sama lelah," ungkap salah seorang karyawan lainnya, Amin (28).
http://health.detik.com/read/2014/02/26/164537/2509294/775/ukuran-miss-v-melonggar-pasca-melahirkan-begini-mengatasinya?991104topnews&u18=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar