SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Jumat, 21 Februari 2014

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Jakarta - Menyikat gigi secara rutin tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut atau mendapat senyum yang cemerlang. Ada alasan kesehatan lain kenapa Anda wajib menyikat gigi tiap pagi dan malam sebelum tidur yang lebih penting dari sekadar mencegah gigi keropos dan berlubang. Ini pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti dikutip dari Gal Time.

1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung
Sejumlah studi telah menemukan keterkaitan yang erat antara gigi yang tidak sehat dengan penyakit jantung. Dalam sebuah studi ditemukan, orang yang jarang atau tidak pernah menyikat giginya, risikonya 70 persen lebih tinggi terkena serangan jantung.

Sementara pada studi yang lain, peneliti menemukan bahwa risiko penyakit jantung atau kolesterol tinggi bisa diprediksi dengan menganalisa kondisi gigi. Apakah ada yang berlubang, keropos, gusi berdarah atau gigi copot. Hal ini karena, bakteri berbahaya bisa masuk ke pembuluh darah melalui gigi yang bolong. Bakteri tersebut bisa bersarang di jantung dan menurunkan fungsi serta kesehatan jantung.

2. Mengurangi Risiko Terkena Stroke
Pada sebuah riset terbaru, orang yang memiliki tekanan darah tinggi akibat adanya bakteri jahat di dalam tubuh rentan mengalami atherosclerosis. Yaitu mengerasnya pembuluh arteri di sekitar leher. Pengerasan atau penyumbatan pembuluh arteri ini bisa memicu timbulnya stroke, karena aliran darah ke otak jadi terhalang.

3. Mencegah Pikun
Dalam sebuah studi kecil, peneliti menemukan adanya bakteri penyebab penyakit gusi pada sample otak penderita Alzheimer. Menariknya, jenis bakteri yang belum diberi nama ini tidak terdapat pada sample otak pasien yang tidak mengalami kepikunan. Belum diketahui kenapa bakteri tersebut hanya terdapat pada penderita Alzheimer. Namun diduga kuat akibat malas membersihkan gigi, sehingga bakteri terus berkembang dan bermutilasi ke otak.

http://wolipop.detik.com/read/2014/02/05/113447/2487711/1135/bukan-hanya-untuk-gigi-putih-ini-alasan-lain-pentingnya-rajin-sikat-gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar