SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Minggu, 11 April 2010

Desain Utama Reformasi Birokrasi Selesai April 2010

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, EE Mangindaan, mengatakan, desain utama reformasi birokrasi diharapkan sudah selesai pada April 2010 sehingga upaya perbaikan birokrasi nasional bisa segera dilaksanakan.

“Diharapkan desain utama reformasi bulan depan (April) sudah bisa selesai, yang sekaligus membuat organisasi Komite Reformasi Birokrasi,” kata Mangindaan kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Rabu.

Hal tersebut dikemukakannya usai melakukan Rapat Koordinasi Reformasi Birokrasi yang dipimpin oleh Wapres Boediono dan diikuti juga oleh Mendagri Gamawan Fauzi dan Menkeu Sri Mulyani.

Dalam pelaksanaannya nanti, katanya, komite akan diketuai oleh wakil presiden dan dibantu oleh tiga menko.

Dalam pelaksanaannya akan dilakukan oleh menpan yang dibantu oleh menkeu dan mendagri, serta kepala Bappenas serta ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

“Desain utama dan komite akan dibentuk melalui keputusan presiden (keppres),” kata Mangindaan.

Dia mengatakan bahwa salah satu tugas utama komite tersebut adalah akan memperbaiki sejumlah susunan birokrasi yang dinilai selama ini masih tumpang tindih di pemerintahan pusat maupun daerah.

“Kita menginginkan bagaimana pemerintahan di pusat maupun daerah bisa berjalan efektif dan efisien serta transparan. Kita juga ingin segala bentuk urusan birokrasi jangan terlalu panjang sehingga malahan menyusahkan masyarakat,” katanya menambahkan.

Ditegaskan pula, jabatan atau susunan birokrasi yang nanti dianggap tidak perlu maka akan dihapuskan dan apa yang sudah ada akan lebih diefisienkan, termasuk juga dengan personelnya.

“Pokoknya tujuan utama reformasi publik adalah untuk memperbaiki pelayanan publik sehingga bisa lebih transparan, efisien dan efektif,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa tugas dan fungsi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah memberikan layanan sebaik-baiknya kepada masyarakat dan itu akan menjadi persyaratan utama bagi rekrutmen PNS baru.

“Kalau PNS tidak mau memberikan layanan kepada masyarakat maka jangan melamar menjadi PNS. Itu syarat mutlak,” katanya.

Menteri mengakui bahwa upaya reformasi birokrasi adalah bukan pekerjaan mudah dan singkat sehingga membutuhkan waktu cukup lama, mengingat harus merubah etos kerja.

Mangindaan mengatakan tahun 2011 diharapkan reformasi birokrasi tingkat pusat selesai. “Sambil berjalan kita juga siapkan agar daerah lakukan refornasi birokrasi. Kita harapkan pemda pada 2014 sudah bisa jalan dan 2025 sudah selesai semuanya,” ujarnya.

Pemerintah berencana memberikan tunjangan remunerasi pada 3 Kementerian/Lembaga (K/L) pada tahun ini yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kementerian Koordinator Perekonomian. Dengan penambahan gaji ini, kinerja mereka harus lebih optimal.

Selain 3 K/L tadi, pemerintah juga sedang mengkaji penerapan reformasi birokrasi dan remunerasi pada TNI dan Kepolisian. “Berkasnya sudah masuk, Insya Allah tahun ini,” imbuh Mangindaan.


http://remunerasipns.wordpress.com/2010/03/04/desain-utama-reformasi-birokrasi-selesai-april/#more-343


Tidak ada komentar:

Posting Komentar