SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Rabu, 31 Maret 2010

Gaji PNS Minimal Rp 3 Juta, Naik Lima Persen pada Januari 2010

JAKARTA- SURYA- Kabar baik bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri. Pemerintah berencana menaikkan gaji mereka rata-rata lima persen, mulai Januari 2010. Pemerintah juga akan memberi tunjangan khusus kepada pegawai semua kementerian/lembaga. Setelah kenaikan itu total penghasilan PNS dan TNI/Polri minimal Rp 3 juta per bulan.

Rencana pemerintah kembali menaikkan gaji gaji pokok dan uang makan/lauk-pauk PNS dan TNI/Polri tersebut dikemukakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pidato penyampaian RUU APBN 2010 dan Nota Keuangannya, dalam rapat paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/8).

“Kenaikan anggaran belanja pegawai untuk memperbaiki kinerja birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Alokasi anggaran antara lain untuk memperbaiki penghasilan aparatur negara dan pensiunan melalui kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok rata-rata lima persen,” kata SBY.

Selain menaikkan gaji PNS dan TNI/Polri, pemerintah juga melanjutkan pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13. Uang makan/lauk-pauk pun ditambah. Untuk anggota TNI/Polri, uang makan/lauk-pauk dari Rp 35.000/ hari naik Rp 5.000 menjadi Rp 40.000/hari. Sedangkan bagi PNS pusat, uang makan/lauk-pauk naik dari Rp 15.000/hari kerja menjadi Rp 20.000/hari kerja.

SBY mengingatkan, selama menjadi presiden dirinya telah berkali-kali menaikkan gaji. “Dengan langkah-langkah perbaikan penghasilan pegawai yang telah dilaksanakan selama periode 2004-2009, maka pendapatan PNS golongan terendah dapat kita tingkatkan 2,5 kali, yaitu dari Rp 674.000 per bulan pada tahun 2004 menjadi Rp 1.721.000 pada tahun 2009,” kata tokoh Partai Demokrat yang baru saja memenangi Pilpres 2009 ini.

Dalam RAPBN- 2010, alokasi anggaran belanja pegawai direncanakan mencapai Rp 161,7 triliun. Hal ini berarti naik sekitar Rp 28,0 triliun (21,0 persen) dari perkiraan realisasinya pada 2009.

Catatan Surya, awal tahun lalu pemerintah telah menaikkan gaji PNS melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2009 tentang Perubahan Kesebelas PP No 7/1977 tentang Peraturan Gaji PNS. Perubahan besaran gaji PNS tersebut sesuai perintah UU No 41/2008 tentang APBN 2009, di mana pemerintah dan DPR sepakat menaikkan gaji PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pensiunan PNS, TNI, dan Polri, sebesar 15 persen pada 2009.

Setelah kenaikan tersebut maka gaji terendah PNS sipil tahun 2009 sebesar Rp 1,040 juta per bulan, yakni PNS golongan IA dengan masa kerja nol tahun. Adapun gaji tertinggi –Rp 3,4 juta per bulan– untuk PNS golongan IVE dengan masa kerja 32 tahun.

Tidak Adil
Dimintai tanggapan secara terpisah, Aviliani dari Institute for Development of Economy and Finance (Indef) menyebutkan, yang diperlukan bukan hanya kenaikan gaji tetapi pentingnya reward and punishment. “Kalau tidak demikian maka PNS yang malas dan rajin bekerja gajinya sama. Itu kan tidak adil,” tegasnya.

Juga, sambung ekonom tersebut, harus ada model penilaian kerja terhadap PNS. “Misalnya, kalau hasil kerja di departemen ini jelek, maka bosnya tak boleh naik jabatan, dan demikian pula gajinya tak perlu dinaikkan. Jadi, ada pengawasan melekat,” jelas Aviliani.
“Kalau tidak begitu, maka keberhasilan pegawai itu hanya diukur dari besarnya anggaran yang digunakan namun bukan pada hasil kerja pada pelayanan umum,” sambungnya.

Senada, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, MS Hidayat juga menyatakan, kenaikan gaji PNS dan TNI/Polri harus diikuti reward and punishment. “Yang berprestasi diberi insentif, yang salah dikasih hukuman. Itu baru (namanya) manajemen. Jadi, manajemen pemerintah sekarang harus mengacu ke manajemen korporasi,” kata Hidayat.

Dia menegaskan, kenaikan gaji tanpa disertai perbaikan kinerja tak akan ada gunanya. “Ada the right man on the right place. Meski usianya masih muda, seorang PNS kalau punya kemampuan tak boleh terhalang senioritas,” kata Hidayat.

Menurutnya kinerja PNS yang baik akan mendukung investasi karena memberikan pelayanan yang baik untuk investasi nasional. “Apakah dengan kenaikan gaji PNS ini akan membuat harga barang naik? Yah, kita lihat saja nanti,” papar Hidayat, sesuai mengikuti pidato Presiden SBY di Gedung DPR RI.

Di tempat sama, Menteri Pemberdayaan dan Aparatur Negara (MenPAN), Taufiq Effendy, mengatakan bahwa kenaikan gaji PNS dan TNI/Polri biasa dilakukan setiap tahun dan berlaku bagi semua aparatur pemerintah di departemen /kementerian apapun.

“Tapi dengan remunerasi, maka dalam hal ini standarisasi gaji, misalnya, bisa setara dengan Depkeu (yang telah memberlakukan remunerasi gaji). Tapi ini ada prosesnya. Dengan sistem remunerasi ini standarisasi gaji bisa minimal Rp 3 juta per bulan,” papar Taufiq. Persda Network/aco/ewa/yat/mun

http://www.surya.co.id/2009/08/04/gaji-pns-minimal-rp-3-juta-naik-lima-persen-pada-januari-2010.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar