SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Jumat, 11 Juli 2014

Minum Air Putih Lebih Banyak Agar Tidak Haus Saat Puasa, Benar atau Salah?

Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat menjalankan ibadah puasa, yang umumnya menjadi tantangan adalah menahan rasa haus. Hal tersebut wajar, karena orang cenderung lebih cepat merasakan haus ketimbang lapar. Dari situ muncullah anjuran untuk memperbanyak minum saat sahur maupun berbuka agar puasa tidak lemas.

Ternyata menurut para pakar nutrisi, minum lebih banyak air dari bulan-bulan biasanya tidak terlalu diperlukan. Dokter Gizi Johannes Chandrawinata, SpKG mengatakan bahwa ketika berpuasa, aktivitas fisik juga biasanya menurun dan itu menyebabkan kebutuhan akan cairan tubuh pun berkurang.

"Nggak perlu memperbanyak asupan air. Sebaiknya makan seimbang saja," ucapnya, saat dihubungi Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).

Dokter yang praktik di Melinda Hospital, Bandung ini menyarankan untuk minum minimal dua liter air sehari secara bertahap, mulai dari buka puasa sampai imsak. Ketika berbuka sebaiknya minum dua gelas air putih. Sehabis salat Maghrib dan makan berat, dianjurkan meminum empat gelas air putih.

"Pas makan malam, habis tarawih juga minum segelas lagi. Tapi jangan banyak minum menjelang tidur nanti malah nggak bisa tidur karena sebentar-sebentar buang air kecil," ujar dr. Johannes.

Ketika sahur air putih juga jangan sampai ketinggalan. Minumlah sedikitnya dua gelas air putih agar metabolisme pencernaan berfungsi dengan baik, meskipun pola makan jadi berbeda karena puasa.

"Dua gelas diminum sebelum dan setelah makan sahur," saran pakar nutrisi Prof. Dr. Hardinsyah, MS.

http://wolipop.detik.com/read/2014/07/11/100642/2634143/1135/minum-air-putih-lebih-banyak-agar-tidak-haus-saat-puasa-benar-atau-salah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar