SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 07 Januari 2014

Penyebab Terlambat Datang Bulan: Kista hingga Gangguan Hormon

Jakarta -  Normalnya siklus menstruasi wanita terjadi rutin setiap bulan. Tapi karena kondisi tertentu, 'tamu bulanan' bisa datang lebih cepat atau malah terlambat. Apa penyebabnya?

Secara umum gangguan menstruasi atau dikenal di dunia medis sebagai AUB (Abnormal Uterine Bleeding) bisa disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari kelainan anatomi, gangguan hormon atau penggunaan obat tertentu.

Berikut penyebab gangguan menstruasi yang dijelaskan beberapa dokter spesialis kandungan kepada detikHealth,

1. Faktor psikis

"Faktor psikis turut mempengaruhi perkembangan sel telur pada wanita. Jadi kalau misalnya psikis si wanita itu sedang tidak baik, misalnya dia terlalu lelah, stres, atau kurang istirahat, nah wajar kalau haidnya juga jadi terlambat," jelas dr Aryando Pradana, SpOG, dokter spesialis kandungan RSIA Bunda Menteng.

Sedangkan menurut dr Hari Nugroho, SpOG, penyebab terbesar keterlambatan haid pada wanita usia subur adalah karena kehamilan. Apabila dipastikan bukan suatu kehamilan, maka salah satu komponen diatas bisa mempengaruhi.

"Misalnya dari jalur otak, hantaran terjadinya pengeluaran hormon-hormon untuk merangsang sangat dipengaruhi oleh keadaan otak. Tidak jarang wanita yang sedang stres secara psikologis akan menghambat rangsangan ini dan akhirnya tidak haid," jelas dr Hari, dokter kandungan RS dr Soetemo, Surabaya.

2. Faktor usia

"Pada usia 25-35 saja kan hanya 60 persen wanita yang memiliki siklus haid antara 25-28 hari, ada sekitar 1 persen yang siklusnya lebih pendek dari 21 hari dan ada yang lebih panjang dari 35 hari. Kalau usianya memang masih remaja, belasan atau di bawah 20 tahun, kemungkinan besar memang haidnya akan terlambat setiap bulannya. Begitu juga yang di atas 35 tahun," tutur dr Nando, panggilan akrab Aryando.

3. Polycystic Ovary (PCO)

dr Nandi menjelaskan, penyebab lain gangguan haid adalah Polycystic Ovary (PCO). PCO terjadi ketika sel telur yang dihasilkan kecil-kecil dan jumlahnya banyak, sehingga menjadi lambat untuk berkembang. Kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya gangguan keseimbangan hormonal pada wanita, sehingga terjadi perubahan pada siklus menstruasi dan akibatnya sulit hamil.

"Biasanya kalau sampai berbulan-bulan itu PCO, jadi sel telurnya tidak pecah-pecah, akibatnya tidak terjadi ovulasi. Ini nanti makin lama lapisan dalam rahimnya semakin tebal. Sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan. Kalau hanya dikira-kira saja ya tidak bisa," tutur dr Frizar Irmansyah, SpOG (K), dokter kandungan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina.

4. Hormonal dan kegemukan

Dari jalur hormonal yang terbanyak adalah karena tingginya hormon estrogen, penyebab utama terbesar adalah obesitas alias kegemukan.

Dijelaskan dr Hari, pada wanita gemuk lemak di bawah kulit ikut memproduksi estrogen. Estrogen pada wanita normal hanya diproduksi oleh indung telur dan mestinya kadarnya menurun pada akhir siklus menstruasi sehingga terjadi menstruasi. Namun pada wanita gemuk justru malah akan mempertahankan endometrium, sehingga tertunda haidnya.

Faktor lain adalah bahan baku estrogen, estrogen adalah salah satu hormon dengan bahan baku lemak, kadar lemak yang terlalu rendah dalam tubuh, sering terjadi pada atlet overtrained, akan mengakibatkan estrogen tidak bisa terbentuk, akhirnya menstruasi tidak terjadi.

5. Kelainan anatomi dan non-anatomi

"Gangguan menstruasi bisa disebabkan karena faktor kelainan anatomi seperti myoma uteri, kista ovarium, papil, hingga keganasan (kanker)," jelas dr Hari.

Gangguan menstruasi juga bisa terjadi karena faktor non anatomi, seperti faktor pembekuan darah, fungsi hormonal, pemakaian kontrasepsi, dsb.

http://health.detik.com/read/2014/01/08/093048/2461242/775/6/penyebab-terlambat-datang-bulan-kista-hingga-gangguan-hormon880006fa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar