SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Jumat, 04 Juni 2010

IDI usulkan Honor Dokter 12-17 juta

Medan, 19/3 (Antara/FINROLL News) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan mengusulkan ke pemerintah melalui Kementrian Kesehatan tentang besaran honor dokter yang idealnya sebesar Rp12 juta sampai Rp17 juta per bulan.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prijo Sidipratomo, di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melakukan survei ke para dokter yang tergabung di IDI.

Dari hasil survei tersebut diketahui ternyata para dokter di Indonesia terutama dokter pelayanan primer (dokter umum) menginginkan jasa medik antara RP12-17 per bulan.

Itu dikatakannya di sela-sela acara musyawarah anggota ke-IV dan pertemuan ilmiah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan.

Menurut dia, usulan besaran honor dokter tersebut telah ditelaah secara mendalam oleh pengurus IDI. Usulan itu juga telah dibahas secara mendalam melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PB IDI beberapa waktu lalu di Bandung.

"Besaran honor tersebut Rp12 juta untuk dokter yang praktik di kota dan Rp17 juta untuk dokter yang praktik di daerah terpencil. Ini yang akan kami sampaikan ke Menkes untuk menetapkan jasa medik di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, para dokter menganggap jika dengan jasa medik sebesar itu, para dokter akan dapat bekerja dengan cukup tenang hingga bisa lebih berkonsentrasi untuk pengembangan potensinya.

"Selama inikan kadang-kadang ada dokter yang dibayar honorariumnya tidak lebih seperti honor tukang cukur," katanya.

Menurut dia, besaran jasa medik tersebut tidak ditetapkan bagi para dokter yang bekerja di rumah sakit pemerintah atau swasta. Namun melainkan di semua tempat mereka bekerja.

Bagi yang bekerja di rumah sakit pemerintah, besaran jasa medik tersebut tidak hanya dalam bentuk uang tapi juga bisa dalam bentuk "rewarding sistem", misalnya untuk melanjutkan studi atau program dokter spesialisasinya.

"Jadi kalau bicara nominal ya segitu idealnya. Jadi artinya dengan gaji segitu para dokter itu sudah merasa cukup dan tidak perlu harus buka praktik lagi di beberapa tempat lainnya," katanya.

http://news.id.finroll.com/nasional/kesehatan/239166-idi-usulkan-honor-dokter-rp12-17-juta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar