SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Kamis, 11 Oktober 2018

Cara Tepat Menyimpan Ikan di Kulkas Agar Awet Segar

Jakarta - Ikan menjadi sumber berbagai macam gizi mikro dari protein, omega 3, hingga zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Tapi jangan sampai salah, ikan juga bisa menyebabkan penyakit jika cara penyimpanannya tidak tepat.

Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia, Ir Hasanuddin Yasni, mengatakan ikan yang sudah dibeli harus segera dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer. Terlalu lama pada suhu ruangan bisa menyebabkan ikan mudah busuk.

"Ikan atau hasil laut lain sebaiknya di simpan pada freezer dengan suhu minus 13 derajat agar mikroba penyebab penyakit tidak mudah masuk. Memisahkan ikan dari daging yang lain juga perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kontaminasi," ujarnya, Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut, beliau menjelaskan ikan yang disimpan pada tempratur biasa dapat menyebabkan perkembangbiakan mikroba dengan sangat cepat. Dalam satu jam, mikroba bisa bertambah hingga 1000 kali lipat.

"Penyimpanan ikan pada suhu ruangan tidak diperkenankan sama sekali. Simpan ikan pada suhu minus 13 derajat karena pada suhu tersebut ikan bisa tahan sampai 6 bulan," tambahnya.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4252980/cara-tepat-menyimpan-ikan-di-kulkas-agar-awet-segar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar