SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 29 Agustus 2017

Lutut Berbunyi Saat Ditekuk, Berbahaya Nggak Sih?

Jakarta, Lutut merupakan salah satu anggota tubuh yang penting. Namun, saat ditekuk dan mengeluarkan bunyi tentu akan membuat seseorang merasa khawatir. Berbahaya nggak ya?

Menanggapi hal ini, dokter spesialis spesialis ortopedi dan traumatologi, dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT mengatakan kondisi saat lutut berbunyi dinamakan krepitasi. Hal ini terjadi karena beberapa hal.

Ia memberi contoh, misalnya karena gesekan tulang rawan satu sama lain atau kapsul sendi yang sudah mengerut. Selain itu, bisa juga terjadi karena gerakan yang menyangkut pada urat.

"Kapsul yang mengerut dan gerakan yang menyangkut pada urat biasanya nggak menyebabkan sakit. Paling hanya jadi kurang nyaman," kata dr Ghuna saat dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, dr Ghuna menyarankan agar seseorang melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu untuk selanjutnya dilakukan fisioterapi. Hal ini dilakukan agar sendi bisa elastis kembali.

Lantas, apakah lutut yang berbunyi merupakan tanda dari radang sendi atau osteoarthritis? Menurut dr Ade Sri Wahyuni SpRM beberapa waktu lalu, bunyi pada lutut belum tentu tanda seseorang mengalami radang sendi.

"Tapi itu adalah gejala awal dari radang sendi. Maka, jika sudah muncul gejala harus dilakukan pelatihan otot," jelas dr Ade.

 https://health.detik.com/read/2017/08/30/095716/3621075/763/lutut-berbunyi-saat-ditekuk-berbahaya-nggak-sih?l992205755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar