SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 23 Juli 2013

Lakukan 6 Cara ini Agar Lemak Tubuh Terbakar Lebih Cepat

Jakarta - Makanan yang enak-enak seperti junk food dan gorengan membuat lemak banyak tertimbun di dalam tubuh. Satu-satunya upaya untuk mengimbanginya adalah dengan membakar lemak.

Caranya dengan melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Namun tak semua orang senang menerapkan hal ini. Selain melelahkan, dampaknya bagi penurunan lemak juga tak terlihat dengan cepat.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membakar lemak lebih cepat seperti dilansir Health.com,Selasa (28/5/2013):

1. Interval training
Interval training adalah berolahraga dengan meningkatkan intensitas lewat jeda tertentu, misalnya mengayuh sepeda lebih cepat tiap 10 menit sekali, atau menambah kecepatan lari tiap kali melewati pot bunga. Efeknya, intensitas olahraga akan menigkat drastis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa setelah menjalani interval training, jumlah lemak yang dibakar dalam 1 jam meningkat sebesar 36% dibanding berolahraga biasa.

2. Membagi waktu berolahraga
Tak punya waktu untuk berolahraga? Bisa diakali dengan membaginya dalam 2 sesi masing-masing 20 menit. Pelaksanaannya bisa dilakukan terserah sepanjang hari. Efeknya terkadang bisa lebih efektif daripada menghabiskan waktu sejam penuh di gym karena metabolisme tubuh akan bangkit selama 1-2 jam setelah berolahraga.

3. Menenangkan pikiran
Stres dapat memicu penumpukan lemak perut. Salah satu penelitian dari University of California mengenai kortisol menyebutkan bahwa stres dapat meningkatkan nafsu makan dan memicu penyimpanan lemak di sekitar perut.

Cara terbaik untuk melawan stres adalah dengan menurunkannnya. Carilah kegiatan yang menyenangkan untuk menurunkan tingkat stres. Beberapa kegiatan yang terbukti mengurangi stres adalah yoga atau berjalan-jalan dengan teman.

4. Lakukan olahraga baru
Tantang diri sendiri dengan melakukan olahraga yang baru dan belum pernah dicoba sebelumnya. Walaupun bagi seorang yang terbiasa berolahraga lari, aktivitas baru akan membuat otot bekerja dengan cara baru. Efeknya akan mengejutkan tubuh sehingga membuatnya bekerja lebih keras.

5. Angkat beban
Seminggu sekali, cobalah berlatih angkat beban lebih berat dari biasanya. Ketika mengangkat beban lebih berat, otot-otot tubuh tertantang dan akan menghasilkan massa otot yang lebih ramping dan kuat.

Jika olahraga kardio membakar kalori hanya selama berolahraga, maka olahragaa otot akan membakar lebih banyak kalori selama 24 jam setelah berolahraga. Angkat beban juga akan membakar jaringan lemak secara eksklusif, sedangkan cardio hanya membakar lemak pada beberapa otot tertentu.

6. Tidur
Kurang tidur bisa meningkatkan kadar hormon stres, insulin dan membuatnya lebih sulit memproses karbohidrat sepanjang hari, demikian kesimpulan penelitian dari University of Chicago. Tidur adalah waktu untuk mengisi ulang baterai yang menjalankan metabolisme tubuh. Sebaiknya tidur minimal 6 jam di malam hari agar lebih segar dan siap di pagi hari.

http://health.detik.com/read/2013/05/28/152024/2258074/766/7/lakukan-6-cara-ini-agar-lemak-tubuh-terbakar-lebih-cepatl771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar