SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Rabu, 24 Juli 2013

Ini Kebiasaan yang Membuat Badan Makin Gemuk

Jakarta - Ini Kebiasaan yang Membuat Badan Makin Gemuk

Kebiasaan begadang bisa membuat berat badan Anda cepat naik, tapi bukan dengan cara yang sehat. Selain itu tidur terlalu larut malam atau dini hari juga membuat badan lesu dan lemas di keesokan paginya.

Penyebabnya karena saat tidur terlalu malam, keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori meningkat. Seperti dikutip dari Women's Health Mag, hal ini bisa menyebabkan berat badan berlebih dan kegemukan, bahkan obesitas.

Para peneliti dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania telah mengamati pola hidup 27 partisipan yang pergi tidur pukul 22.00. Mereka juga menganalisa 198 partisipan dalam kelompok yang baru mulai tidur pada pukul 04.00. Hasil pengamatan menunjukkan, kelompok yang suka begadang mengasup kalori 550 kalori lebih banyak daripada yang tidur lebih awal. Jumlah kalori tersebut sebagian besar berasal dari makanan berlemak.

Setelah pengamatan selama lima malam berturut-turut, grup yang kedua mengalami kenaikan berat badan lebih dari dua pon atau sekitar 0,9 kg. Keinginan mengunyah di malam hari muncul karena sejumlah faktor. Andrea M. Spaeth, MA, dari University of Pennsylvania menjelaskan, semakin malam Anda terjaga akan lebih banyak waktu yang dimiliki untuk makan.

Tapi tak hanya itu, makanan yang diinginkan umumnya tinggi lemak dan kalori karena tubuh yang secara tidak sadar menginginkan itu. Ditambah lagi saat malam hari makanan yang tersedia biasanya memang lebih banyak berupa junk food. Hal ini karena orang cenderung malas untuk memasak di malam buta sehingga mencari makanan yang praktis atau sisa makanan tadi siang tinggal dihangatkan.

"Saat santai di rumah pada malam hari, orang akan merasa nyaman dan itu membuat mereka jadi lengah terhadap konsekuensi yang didapat jika mengonsumsi makanan tidak sehat," jelas Lisa Moskovitz, RD, CDB, seorang ahli diet di Manhattan.

Maka dari itu usahakan untuk tidur seawal mungkin, antara pukul 21.00 atau 22.00. Banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda cepat tertidur di antaranya makan kangkung sebelum tidur, mendengarkan musik instrumen atau audio bertema alam. Bagi penderita insomnia sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis.

http://wolipop.detik.com/read/2013/07/17/180836/2306132/849/ini-kebiasaan-yang-membuat-badan-makin-gemuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar