SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Rabu, 15 Mei 2013

Pelaku Korupsi di Indonesia Sebagian Besar Berlatar Belakang PNS

Jakarta - Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI Budi Soesilo Supandji mengakui praktik birokrasi di Indonesia masih jauh dari bentuk ideal dan bersyarat. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus korupsi yang melibatkan PNS.

"Lihat saja, berbagai kasus korupsi di Indonesia adalah berlatar belakang PNS," ujarnya Budi dalam Seminar Nasional Dalam Rangka HUT Ke-41 Korpri dengan tema "Membangun Birokrasi Kelas Dunia yang Berwawasan Kebangsaan" di Kantor Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Budi menyatakan hal tersebut sangat disayangkan karena PNS seharusnya bisa menjadi makhluk sosial yang berdedikasi, suri tauladan, serta profesional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Mentalitas yang memprihatinkan karena PNS justru memberikan contoh yang kurang baik," tegasnya.

Untuk itu, lanjut Budi, perlunya pembenahan mental para birokrat. Pelaku birokrasi Indonesia sudah seharusnya mengubah paradigma lama menjadi mind set, serta mental model yang layak sesuai dengan budaya organisasi.

"Filosofi birokrat adalah menjadi abdi rakyat, bukan berlaku layaknya tuang yang kerap meminta pelayanan, akan tetapi menjadi yang melayani. Birokrasi Indonesia juga tak boleh lagi penuh dengan penggemar Kleptokrasi yang mencari santapan sana-sini dan menerobos posisi," tandasnya.

http://finance.detik.com/read/2013/02/20/133139/2175008/4/pelaku-korupsi-di-indonesia-sebagian-besar-berlatar-belakang-pns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar