SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Rabu, 15 Mei 2013

KemenPAN: Jangan Mimpi Jadi PNS Bisa Kaya, Kita Harus Siap Menderita

Jakarta - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) haruslah menutup impiannya menjadi kaya. Pasalnya, menjadi birokrat haruslah bisa mengemban tugas negara dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN) mengungkapkan setiap PNS serius ingin menaikkan jenjang karirnya sebagai bagian dari kepemerintahan, harus mengikuti berbagai diklat. PNS diwajibkan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut untuk meningkatkan mutu kinerjanya.

Sekretaris KemenPAN Tasdik Kinanto menegaskan, permasalahan mendasar dari reformasi birokrasi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Aparaturnya. Harus benar-benar selektif dalam mengangkat dan mengembangkan seorang PNS. Kinerja PNS dengan eselon dan golongan apapun harus memperhatikan kesejahteraan publik. "Jangan sampai masyarakat tidak dapat apa-apa," ujarnya seperti dikutip dari situs KemenPAN, Senin (6/5/2013).

Tahun 2013 ini penyeleksian PNS makin ketat berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Bila suatu instansi pusat atau daerah minta penambahan SDM tapi belum direalisasi oleh Kementerian PANRB, artinya instansi tersebut belum melakukan analisis beban kerja dan analisis jumlah pegawai dengan tepat.

Lebih lanjut Tasdik mengatakan bahwa, rumitnya menjadi PNS karena masyarakat menginginkan transparansi. Maka dari itu profesionalitas PNS harus ditanam sejak dini. "Jangan mimpi jadi PNS bisa kaya, harus siap menderita karena kita mengemban amanah rakyat," imbuhnya.

Dasar menciptakan reformasi birokrasi terletak pada pengelolaan SDM. Semangat perubahan ke arah yang lebih baik harus tetap berkobar dan ditularkan pada sesama teman sekerja apapun bidangnya. "Siapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh supaya menjadi orang yang terpilih karena kompetensinya, sehingga dapat menjadi birokrat yang handal," tutup Tasdik.

http://finance.detik.com/read/2013/05/06/085656/2238626/4/kemenpan-jangan-mimpi-jadi-pns-bisa-kaya-kita-harus-siap-menderita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar