SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Minggu, 18 Maret 2012

5 Aksi Atasi Migren

VIVAnews - Migren biasanya didefinisikan sebagai sakit pada sebagian kepala. Biasanya rasa nyeri ini berlangsung sekitar 4 jam. Rasa sakit akan terasa pada saat kita bergerak atau saat sedang berpikir.

Menurut penelitian, kaum wanita 3 kali lebih sering terserang migren ketimbang pria. Duabelas hingga tiga puluh persen penderita biasanya melihat sinar yang menyilaukan atau titik hitam yang melintas di depan mata sebelum migren melanda.

Berikut adalah 5 aksi yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan migren di kepala:

1. Cari tahu penyebabnya
Coba catat apa yang memicu migren di kepala. Migren yang terjadi berulang biasanya disebabkan oleh masalah yang sama, seperti saat datang bulan, stress atau saat berpanas-panasan. Setelah Anda mengetahui pemicunya, atasilah dengan makan secara teratur dan makan makanan ringan secara rutin, tujuannya adalah untuk menjaga gula darah tetap stabil.

2. Minum aspirin
Jika istirahat tak mampu melenyapkan nyeri di kepala, cobalah minum aspirin. Obat ini lebih aman untuk kesehatan.

3. Hindari stress
Tekanan stress dalam kehidupan keseharian dapat menjadi pemicu timbulnya migren. Berlatih mengatur pernapasan, meditasi atau bersikap rileks juga dapat mengatasi stress. Rasa sakit di kepala pun akan mudah teratasi.

4. Pijat kulit kepala
Lakukan pemijatan pada kulit kepala. Caranya, duduklah dengan rileks, turunkan bahu, dan longgarkan baju. Lalu pelan-pelan sisirlah kepala dengan 10 jari, mulai dari dahi hingga ujung kepala. Rabalah secara perlahan hingga menemukan posisi yang sakit, tekan-tekan hingga berulang hingga rasa sakit mulai berkurang. Dengan redanya area yang sakit, migren pun juga hilang.

5. Tidur yang cukup
Kurang tidur atau bergadang semalaman juga bisa menimbulkan migren. Jadi, jika Anda memiliki perkejaan yang mewajibkan untuk bergadang, sebaiknya Anda mebayarnya dengan tidur yang cukup.

http://kosmo.vivanews.com/news/read/297277-5-aksi-atasi-migren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar