SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Minggu, 29 Januari 2012

Terancam Mati Gara-gara Kecanduan Nugget Ayam

VIVAnews- Stacey Irvine, gadis berusia 17 tahun ini tidak pernah absen menikmati kelezatan chicken nugget. Ia mengaku, sejak masih balita makanan yang berbahan dasar ayam itu telah menjadi kudapan favoritnya.

Tapi saat usianya menginjak 17 tahun, Stacey diperingatkan oleh seoranng dokter untuk mengubah pola makan yang mengerikan, jika tidak, ia bisa membunuh dirinya sendiri.

Seperti dikutip laman Daily Mail, sejumlah rekan Stacey mengungkapkan bahwa, selama hidupnya, Stacey belum pernah mencicipi buah segar dan sayur-mayur. Ia juga tidak pernah mengonsumsi makanan lain selain chicken nugget selama hidupnya. Bahkan baru-baru ini, nyawanya hampir melayang karena sTacey tiba-tiba pingsan dan sulit bernapas sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Setelah didiagnosa, Dokter menemukan bahwa selama 15 tahun hidupnya, Stacey telah mengalami 'kecanduan nugget ayam kronis', akibatnya ia pun menderita anemia dan pembuluh darah di lidahnya meradang. Karena hanya mengonsumsi nugget ayam selama hidupnya, Stacey pun dinyatakan mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi.

Meskipun Stacey telah berusaha secara drastis mengubah dietnya, dia bilang dia tidak bisa menyerah, meninggalkan makanan cepat saji itu. Menurut dokter, Stacey mengalami kecanduan nugget ayam karena saat masih kecil ibunya membiarkan dia menikmati makanan di sebuah restoran McDonald sejak usia dua tahun.

"Aku sangat menyukai semua makanan di restoran itu," kata stacey. "Aku tidak bisa mencicipi bahkan mencoba makanan lain. Ibu akhirnya pun menyerah memberikan makanan apapun padaku," katanya.

Remaja asal Castle Vale, Birmingham, mengakui bahwa ia kadang-kadang mengonsumsi makanan yang bervariasi,namun tetap tidak sehat, seperti makan sepotong roti panggang untuk sarapan atau sebungkus keripik.Namun baru-baru ini ia terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit, dia pun sadar mengatakan, bahwa diet memiliki dampak negatif pada kesehatannya.

"Saya mulai menyadari ini benar-benar buruk bagi saya," katanya. 'Makanan utama saya selalu nugget ayam setiap hari.

"Nugget ayam McDonald adalah favorit saya. Saya selalu berbagi 20 nugget dengan pacar saya. Tapi saya juga suka nugget ayam KFC dan nugget ayam dari merek supermarket. '

Ibu Stacey, Evonne,sempat jengkel dengan perilaku anaknya yang selalu menolak setiapkali diminta untuk mengonsumsi makanan sehat dan bervariasi. Ia pun akhirnya mengkonsultasikan kondisi putrinya pada seorang dokter spesialis.

"Dia telah diberitahu dengan tegas bahwa dia akan mati jika ia terus seperti ini," jelas ibunda yang masih berusia 39 tahun. "Tapi Stacey mengatakan dia tidak bisa makan apa pun. Ini menghancurkan hati saya, apalagi saat melihat makananya nugget terkutuk itu. Aku hanya bisa berdoa agar dia bisa terbantu sebelum terlambat, " katanya.

Ahli gizi Dr Carina Norris mengatakan bahwa, selama sepuluh tahun pengalaman nya, dia belum pernah menemukan kasus kecanduan makanan ekstrim. Ia yakin diet yang dialami Stacey akan memiliki implikasi kesehatan jangka panjang yang serius, apalagi saat tubuhnya kurang zat besi, kalsium, antioksidan, vitamin dan lemak baik.

"Dia harus melihat memperhatikan kesehatannya, dan bahkan ia harus ditakut-takuti sebagai peringatan.Ia perlu secara drastis mengubah dietnya.

"Buah dan sayuran merupakan bagian integral untuk menunjang kesehatan jangka panjang. Tanpa makanan itu, seseorang bisa berisiko tinggi mengembangkan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

"Jadi semakin cepat Anda bisa memebrikan anak-anak makanan penuh gizi semakin baik. Perlu diingat pula, setiap orang perlu mengosnumsi makanan bervariasi, berwarna-warni. Diet yang dilakukan Stacey sangat tinggi kadar lemak jenuhnya," ujar Carina.

Perlu diketahui,20 potong nugget mengandung 58 gram lemak dan kalori 926, jumlah ini melebihi jumlah lemak yang direkomendasikan yakni 56 gram sehari, dan hampir setengah dari orang dewasa hanya mengasup 2.000 kalori sehari.

http://kosmo.vivanews.com/news/read/283798-terancam-mati-gara-gara-kecanduan-nugget-ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar