SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 03 Desember 2013

Tergigit Anjing 'Otomatis' Langsung Kena Rabies? Ini Kata Dokter

Jakarta, Anjing diketahui merupakan salah satu hewan yang bisa menularkan rabies. Dengan begitu, Anda sebagai pemelihara tentu juga bisa menjadi korban gigitannya. Lantas apakah tergigit anjing lantas membuat Anda otomatis tertular rabies?

"Penyakit anjing gila atau rabies adalah penyakit yang menular melalui gigitan dan air liur anjing yang memang mengandung virus rabies. Cara penyebarannya yaitu anjing menggigit sesama anjing, atau justru langsung ke manusia," ujar drh Wiwiek Bagja selaku Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (4/12/2013).

Dilanjutkan drh Wiwiek, target virus ini yaitu sistem saraf, terutama otak. Jika ada anjing yang tiba-tiba menggigit hewan lain atau manusia, maka bisa dikatakan otaknya sudah terkena. "Nah, karena rabies itu penularannya cepat, maka pengendaliannya ada di tangan pemerintah," lanjutnya.

Namun meskipun membahayakan, hewan atau manusia yang sudah divaksin akan aman dari rabies walaupun tergigit anjing rabies. Pastikan Anda langsung mencuci tangan dengan sabun jika memang tergigit anjing. Mengapa? Virus rabies bersifat molekular, artinya ia memiliki selaput berupa kandungan lemak atau lipid, sehingga hanya akan mati jika terkena air sabun.

"Anjing yang kena rabies itu agresif, enggak diapa-apain menyerang atau menggigit. Mereka juga takut air, sebab saat menelan akan terasa sakit karena otaknya sudah kena. Selain itu mereka juga suka sembunyi di tempat gelap, ekornya tersembunyi di antara dua kaki, suka minggir-minggir dan enggak ada provokasi tiba-tiba menggigit," terang drh Wiwiek.

Sependapat dengan drh Wiwiek, drh Olan Sebastian, MM, menyatakan bahwa tergigit anjing tidak lantas membuat Anda langsung kena rabies. Sebab jika anjingnya sudah divaksinasi, maka ia tidak akan menularkan rabies.

"Jika Anda tergigit, segera cuci dengan air dan sabun, lalu gunakan obat antiseptik. Tunggu 2-3 hari. Kalau memang tidak membaik, segera bawa ke dokter, nanti akan diberi serum rabies 14 kali selama 14 hari," terang drh Olan, yang merupakan salah seorang anggota Ikatan Alumni Kedokteran Hewan IPB.

http://health.detik.com/read/2013/12/04/093228/2431858/775/tergigit-anjing-otomatis-langsung-kena-rabies-ini-kata-dokter?l771108bcj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar