SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 10 Desember 2013

Menyembuhkan Kanker Prostat, Cukup dengan Sayur dan Buah?

Jakarta, Charles Trevino (65), pertama kali didiagnosis dengan kanker prostat awal tahun lalu setelah tes kesehatan rutin. Terlepas dari kenyataan bahwa kanker prostat adalah kanker paling umum di kalangan pria, pengobatan untuk penyakit ini, seperti operasi atau radiasi, sering disertai dengan efek samping yang menghancurkan.

"Mungkin saya akan menderita disfungsi ereksi, dan saya mungkin akan harus memakai popok untuk sementara waktu, karena saya akan memiliki masalah kencing," ujar Trevino dari South Pasadena, California, seperi dilansir dari Fox News, Rabu (11/12/2013).

Mencari pengobatan alternatif, Trevino dirujuk ke Dr Hyung Lae Kim, direktur co-medis dari program onkologi urologi di Cedars Sinai Samuel Oschin Comprehensive Cancer Institute di Los Angeles.

Setelah bertemu dengan beberapa spesialis, Trevino duduk dengan Kim untuk mendiskusikan pilihannya. Seiring dengan pembedahan dan radiasi, Kim menunjukan Trevino untuk bergabung dengan salah satu dari beberapa uji klinis dengan kanker prostat termasuk studi mengenai makanan.

Setelah terdaftar 200 pasien nasional sejak diluncurkan pada tahun 2011, studi tersebut berfokus pada satu tujuan yang sederhana yaitu pria pada tahap awal kanker prostat untuk meningkatkan memakan buah dan sayuran. Peserta menerima konseling gizi saat melakukan pendekatan 'active surveillance' untuk memantau penyakit mereka dengan harapan bahwa makan yang sehat akan membantu memperlambat perkembangan kanker.

Dr Kim mengatakan bahwa studi ini belum terbukti, tapi menurutnya ada hubungannya, dan hal itu belum sepenuhnya divalidasi. Namun lima tahun yang lalu, sekitar 90 persen pasien kanker prostat mengalami penurunan prostatektomi atau pengobatan radiasi untuk membersihkan diri dari penyakit ini. Namun, dokter sekarang tahu bahwa sebagian besar kanker prostat perembangannya sangat lamban, dan ada kemungkinan tidak menimbulkan ancaman yang berarti.

"Apa yang kita tahu sekarang adalah bahwa sebagian besar dari pasien kanker prostat menderita efek samping dari pengobatan. Dan beberapa dari mereka menderita seperti inkontinensia dan disfungsi ereksi kualitas selama bertahun-tahun yang akan datang," terang Kim

Untuk pasien seperti, dokter semakin memilih untuk surveilans aktif, yang melibatkan pemantauan kanker secara teratur menggunakan prostate-specific antigen (PSA) test. Jika penyakit berkembang ke titik di mana ia menjadi ancaman terhadap kehidupan, pasien kemudian dapat memilih untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

Karena semakin banyak pasien yang memilih untuk surveilans aktif kanker prostat, dokter juga mulai mempelajari apakah modifikasi gaya hidup seperti diet atau olahraga dapat memperlambat perkembangan penyakit.

"Gagasan di balik penelitian makanan ini adalah jika Anda meningkatkan jumlah porsi buah dan sayuran dalam diet, Anda dapat mengurangi resiko perkembangan kanker saat surveilans aktif," ujar Kim.

"Ini bukan teknis diet rendah lemak atau rendah karbohidrat. Mereka tidak berusaha untuk menghindari daging merah, jika Anda makan enam porsi buah-buahan dan sayuran, Anda mungkin makan lebih sedikit daging," jelas Kim.

Sejauh ini, Trevino telah mengalami keberhasilan dengan memakan buah dan sayur. Selama setahun lalu, dia kehilangan sekitar 20 kilogram dan penurunan ukuran pinggang dari 40 ke 38. Bahkan lebih penting lagi, kanker prostatnya tetap dibawah kontrol.

Para pendukung studi ini juga berpendapat bahwa ia menyediakan cara bagi pasien kanker prostat surveilans aktif untuk merasa seolah-olah mereka memiliki kontrol atas kesehatan mereka, dan membantu meringankan kecemasan penyakit mereka.

"Hipotesis kami adalah bahwa untuk pasien yang secara aktif mencoba sesuatu untuk mengurangi risiko perkembangan kanker mereka, mereka akan merasa lebih baik," ujar Kim.

Trevino mengatakan kualitas hidupnya telah meningkat tajam. Tidak hanya dia menurunkan berat badan, tapi Trevino mengatakan ia memiliki sikap yang lebih baik dan lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan.


http://health.detik.com/read/2013/12/11/065300/2438351/766/2/menyembuhkan-kanker-prostat-cukup-dengan-sayur-dan-buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar