SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 14 November 2017

Ini yang Terjadi Jika Salah Konsumsi Antibiotik

Jakarta, Pemahaman masyarakat mengenai antibiotik nampaknya tidak semua benar. Apalagi pemahaman yang menganggap sakit apapun harus mengonsumsi antibiotik, itu keliru.

Antibiotik digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri. Hanya infeksi bakterilah yang membutuhkan peran antibiotik.

Apa yang akan terjadi jika antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi selain bakteri? Direktur Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Drs Nurul Falah Edi Pariang, Apt mengatakan bahwa akan terjadi resistensi antimikroba.

Yaitu kondisi di mana kemampuan mikroorganisme atau mikroba jahat seperti bakteri dan virus meningkat mengalahkan kemampuan antimikroba seperti antivirus, antimalaria, dan antimikroba lainnya.

"Resistensi antimikroba di rumah sakit Indonesia sebanyak 49-84 persen, menurut dr Parathon Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA). Salah satunya akibat dari penggunaan antibiotik yang tidak benar di masyarakat, baik dosis, cara penggunaan, dan kepatuhannya," jelas Nurul dalam press conference Peningkatan Pelayanan Kefarmasian dalam Pengendalian Resistensi Antimikroba di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Selasa (14/11/2017).

Maka dari itu, Sekertaris Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA), Mariatul Qibtiyah, SSi, Apt, SpFRS menganjurkan adanya pemeriksaan darah lengkap dan mikrobiologi sebelum pemberian antibiotik.

"Mekanisme resistensi itu terjadi secara alamiah. Jadi kalau penggunaannya rasional, bijak, benar, sewaktu-waktu bisa resisten tapi agak lama jangkanya. Kalau menggunakan yang enggak jelas infeksinya, dosisnya, biasanya lebih cepat bisa lima bulan sudah resistensi," tegasnya kepada detikHealth usai acara yang sama.

Untuk mencegah dan mengendalikan meningkatnya resistensi antimikroba ini, masyarakat harus memahami penggunaan antibiotik ini dan menggunakannya secara baik dan bijak.

https://health.detik.com/read/2017/11/15/064826/3727335/763/ini-yang-terjadi-jika-salah-konsumsi-antibiotik?l991101755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar