SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 14 November 2017

Cegah Maag Saat Diet Turunkan Berat Badan

Jakarta, Memiliki tubuh ideal adalah sebuah keinginan setiap orang. Nah, cara yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan diet. Namun, kenyataannya diet tersebut tidak bebas dilakukan oleh siapa saja. Contoh pada orang yang menderita sakit maag dan ingin menjalankan program diet, terkadang didera oleh kekhawatiran bahwa diet akan bikin maag kambuh.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD atau yang akrab disapa dr Anshory, mengatakan bahwa kebanyakan orang yang tengah diet kerap melakukan kesalahan yakni tidak makan. Padahal, yang seharusnya dilakukan dalam penurunan berat badan adalah pengaturan makan sambil berkonsultasi dengan ahli gizi, berapa kalori yang harus dimakan per hari.

"Intinya adalah kalori yang dimakan harus lebih kecil daripada kalori yang dikeluarkan (dalam bentuk aktivitas harian, olahraga, dan lain-lain," ungkap dr Anshory saat dihubungi detikHealth.

Selanjutnya, dr Anshory menjelaskan soal makanan yang boleh dan dianjurkan pada orang dengan penyakit maag, antara lain makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sereal, sayuran dan makanan rendah lemak seperti ikan dan ayam.

"Makanan yang tidak asam (sayuran), minuman yang tidak bersoda dan tanpa kafein, probiotik seperti yoghurt," tambah dr Anshory.

Nah, untuk makanan yang sebaiknya dihindari pada orang dengan penyakit maag, imbuh dr Anshory adalah makanan yang tinggi kandungan lemak, alkohol, kopi, makanan asam seperti tomat, buah-buahan yang asam, jus buah, gorengan, minuman bersoda, makanan pedas, dan makanan tertentu yang memicu munculnya sakit maag yang bisa berbeda pada tiap orang.

https://health.detik.com/read/2017/11/14/125402/3726299/1410/cegah-mag-saat-diet-turunkan-berat-badan?l882209755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar