SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 24 Mei 2016

Miss V Gatal-gatal dan Kemerahan Pasca Bercinta, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jakarta, Pasca bercinta, meskipun sudah dibersihkan tapi wanita sering mengeluh organ intimnya menjadi gatal dan kemerahan. Tak jarang kadang juga muncul keputihan yang tak biasa.

Menurut Dr Marilyn Glenville, normalnya vagina dikelilingi dengan bakteri baik yang akan menjaga kebersihan dan kesehatan area organ intim. Namun jika ada sesuatu hal yang mengganggu ekosistem bakteri baik tersebut, maka bakteri 'jahat' seperti Bacterial Vaginosis bisa mengambil alih dan menimbulkan masalah.

"Para ilmuwan masih belum yakin apa sebenyarnya yang menyebabkan ketidakseimbangan ini, tetapi saat infeksi yang bersifat asam ini muncul, kondisi vagina menjadi lebih basa. Pergeseran keseimbangan dari asam ke basa ini memungkinkan bakteri lain untuk masuk. Dari situ kemudian muncul gejala termasuk gatal-gatal, nyeri, kemerahan serta keputihan berwarna abu-abu atau kuning, terutama setelah berhubungan seks," papar Glenville, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (24/5/2016).

Jika iritasi di area organ intim ini sudah muncul dan bersifat infeksi, maka sebaiknya Anda tak sembarangan memakai atau mengonsumsi obat. Glenville menganjurkan Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Untuk menghindari munculnya bakteri-bakteri 'jahat', ada baiknya Anda menjaga kebersihan area organ intim. Salah satunya dengan rutin membersihkan area eksternal genital. Selama mandi atau mencuci kelamin saat buang air, gunakan sedikit sabun yang tidak diberi wewangian dan guyur dengan banyak air.

Yang terpenting, hindari douching alias membersihkan vagina dengan sabun yang mengandung wewangian. Semua vagina sehat mengandung beberapa bakteri dan organisme lain. Keasaman normal vagina membuat bakteri dan ragi berkembang dengan semestinya dan douching dapat mengganggu keseimbangan ini.

Sementara untuk memperbanyak bakteri baik di vagina, ahli kandungan dan kebidanan di Montefiore Medical Center, Mary Rosser, MD, PhD, menyarankan wanita untuk memperbanyak konsumsi buah segar, sayuran, biji-bijian, air putih, dan yoghurt.

http://health.detik.com/read/2016/05/24/193033/3216905/1390/miss-v-gatal-gatal-dan-kemerahan-pasca-bercinta-bisa-jadi-ini-penyebabnya?l992201755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar