SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 30 Desember 2014

Empat Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Merusak Otak

Otak yaitu salah satu organ badan yang utama untuk manusia. Otak adalah pusat saraf serta pikiran, dan tempat manusia menaruh ingatan. Bila Anda kerap alami masalah pada ingatan atau alami permasalahan saat memikirkan atau merampungkan pekerjaan yang memerlukan kekuatan otak, sebaiknya waspadalah. Mungkin saja kekuatan otak Anda tengah alami penurunan.

Penurunan kekuatan otak serta ingatan seorang tidak cuma di pengaruhi oleh umur, tetapi juga di pengaruhi oleh rutinitas makan atau makanan yang Anda konsumsi. Rutinitas makan yang buruk serta beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kekuatan otak serta membuat Anda lebih susah melakukan aktivitas yang memerlukan kemampuan otak.

Berikut adalah sebagian rutinitas makan buruk yang baiknya Anda jauhi agar otak terus sehat serta ingatan terus tajam, seperti ditulis oleh Daily Health Post (05/06).

1. Makanan cepat saji
Mengonsumsi makanan cepat saji memanglah lebih gampang serta cepat, rasanya juga enak. Umumnya orang sudah mengetahui bahwa makanan cepat saji tak menyehatkan, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi makanan cepat saji atau junk food dapat juga turunkan tingkat kecerdasan. Suatu riset mengungkap bahwa anak yang mengonsumsi makanan cepat saji yang kaya lemak serta gula mempunyai tingkat IQ yang lebih rendah di banding anak yang mengkonsumsi makanan buatan rumah yang memiliki nutrisi.

2. Makanan manis
Makanan yang memiliki kandungan terlalu banyak gula serta pemanis mempunyai dampak yang jelek pada reseptor otak. Suatu riset mengungkap bahwa konsumsi terlalu banyak gula dapat merubah langkah kerja dopamin pada otak. Hal ini dapat dapat menyusahkan bila Anda mau turunkan berat tubuh. Salah satu hal yang di pengaruhi oleh dopamin yaitu nafsu makan. Konsumsi banyak gula akan membuat manfaat dopamin terganggu serta mengakibatkan Anda cepat gemuk. Dopamin juga berkaitan dengan kebahagiaan serta mencegah depresi. Dua hal itu memengaruhi kekuatan Anda untuk belajar.

3. Diet rendah karbohidrat
Diet rendah karbohidrat diindikasikan dapat turunkan berat tubuh dengan cepat. Tetapi sesungguhnya type diet ini bukanlah untuk kebanyakan orang. Membatasi mengkonsumsi karbohidrat sampai amat sedikit atau 0 dapat mempengaruhi mood. Riset juga mengungkap bahwa kurang karbohidrat dapat mengakibatkan permasalahan pada mood. Riset lain yang dikerjakan di Tufts University juga temukan bahwa kurang karbohidrat dapat mengakibatkan kerusakan kemampuan otak.

4. Mengunyah permen karet
Banyak riset yang mengungkap bahwa mengunyah permen dapat tingkatkan manfaat mental. Tetapi hal semacam ini masih tetap jadi bahan perbincangan untuk banyak peneliti. Salah satu riset teranyar yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology menuturkan bahwa mengunyah permen karet dapat memengaruhi kekuatan seseorang mengingat. Peneliti juga merekomendasikan agar orang yang mempunyai permasalahan dengan ingatan baiknya tidak sering mengunyah permen karet.

Itulah beberapa rutinitas makan tidak sehat yang dapat mengakibatkan kerusakan otak. Tidak cuma memengaruhi daya ingat, rutinitas itu juga turunkan kekuatan otak serta mengakibatkan permasalahan pada kesehatan mental dan mood.

http://vijestinews.blogspot.in/2014/12/4-kebiasaan-tidak-sehat-yang-bisa-merusak-otak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar