SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Senin, 26 Maret 2018

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara Bagi Perempuan Muda

Jakarta - Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, bahkan perempuan muda dengan faktor risiko rendah. Dengan melakukan deteksi dini seperti Sadari (Pemeriksaan Pada Diri Sendiri) dan pemeriksaan mammografi, kanker payudara bisa dicegah agar tak menjadi parah.

dr Martha Roida Manurung dari Poliklinik Deteksi Dini Kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais, kanker payudara tahun ini menempati peringkat satu penyakit yang paling banyak diderita di dunia. Kanker payudara juga sudah tidak lekat dengan wanita usia tua, dan saat ini bahkan bisa menyerang wanita saat masih berusia muda.

"Banyak faktor risiko yang mempengaruhi adanya kanker payudara. Dan kanker payudara bisa menyerang meskipun umur masih muda, biasanya karena gaya hidup yang tidak sehat, stres, atau riwayat kesehatan keluarga," jelas dr Martha kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerjasama dengan Forum Ngobras mengadakan pemeriksaan mammografi gratis bagi rekan media dan keluarga. Pemeriksaan ini berlokasi di kediaman ketua YKPI, Linda Agum Gumelar di Jalan Panglima Polim 3 No.146, Jakarta Selatan.

Linda berharap masyarakat Indonesia semakin sadar untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Ia menyebutkan bahwa 70 persen orang yang melakukan deteksi dini ternyata sudah menderita kanker payudara stadium lanjut.

"Bahkan WHO memperkirakan akan terjadi ledakan kanker payudara di negara berkembang di tahun 2030," tuturnya.



Untuk pemeriksaan mammografi kali iniini, peserta akan diperiksa fisik terlebih dahulu untuk mencari jika ada kelainan atau benjolan di payudara. Lalu peserta akan dianamnesi untuk mengetahui riwayat penyakit dan bicara soal gaya hidup.

Selanjutnya, peserta akan dibawa ke bus milik YKPI khusus untuk pemeriksaan mammografi. Tes mammografi adalah sebuah tes yang memindai payudara menggunakan radiasi untuk melihat apakah ada tumor di payudara.

"Persentase penyembuhan kanker payudara beragam tergantung dengan stadium dari kanker yang diderita. Oleh karena itu deteksi dini untuk mencegah kanker payudara berkembang ke stadium yang lebih lanjut," tutup dr Martha.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/3846441/pentingnya-deteksi-dini-kanker-payudara-bagi-perempuan-muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar