SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 09 April 2013

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Diet Pelangsingan Tubuh

Jakarta - Banyak informasi seputar diet yang beredar baik dari mulut ke mulut, internet, buku, atau majalah. Tapi apakah pola diet itu efektif dan sehat atau tidak, hasilnya bisa bervariasi. Bisa jadi efektif, bisa juga tidak bahkan justru menimbulkan masalah baru apabila tidak tepat penerapannya. Intinya, sebaiknya Anda tidak mengikuti mentah-mentah pola diet tertentu. Perhatikan dulu lima hal ini sebelum memulai diet, seperti dikutip dari Times of India.

1. Satu Pola Diet Belum Tentu Cocok untuk Semua
Teman Anda mungkin sukses turun berat badan dengan metode food combining. Tapi belum tentu itu juga berhasil pada Anda. Kebutuhan nutrisi dan kalori tiap orang berbeda-beda. Begitu juga dengan pola makan yang harus diterapkan. Sebelum mulai diet, ketajui dulu kebutuhan nutrisi, komposisi tubuh, aktivitas dan kondisi kesehatan. Dengan begitu Anda bisa menentukan makanan apa saja yang baik dikonsumsi dan jenis olahraga yang cocok untuk Anda. Minta saran dari ahli gizi bila perlu.

2. Apa Tujuan Diet Anda?
Apakah Anda ingin diet sehat agar terlihat bagus saat memakai gaun pesta di pernikahan teman, atau untuk mencegah diabetes dan hipertensi? Sangat penting untuk mengetahui kenapa Anda bertekad untuk diet. Sehingga Anda bisa menetapkan target yang rasional. Buatlah target yang Anda yakin bisa dicapai dan ikuti diet yang mudah diterapkan. Misalnya saja, jangan memaksakan jadi vegetarian apabila Anda tidak bisa 'hidup' tanpa daging ayam atau ikan bakar. Cukup perbanyak makan sayur dan buah, dan tetap konsumsi daging sebagai makanan rekreasional (sesekali).

3. Apakah Diet Anda Aman?
Jika Anda ingin mengikuti metode diet tertentu, pastikan informasi seputar diet telah didukung data ilmiah dan direkomendasikan dari ahlinya. Apabila dari internet, lihatlah dari website kesehatan yang terpercaya. Akan lebih baik jika dikonsultasikan dulu dengan pakar gizi atau nutrisi. Perlu diingat, metode diet yang sehat tidak menjanjikan hasil yang instan.

4. Pastikan Program Diet Memasukkan Nutrisi Lengkap
Saat berdiet, Anda tidak boleh menghilangkan atau mengurangi secara drastis salah satu nutrisi utama bagi tubuh. Diet sehat haruslah mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral. Semua nutrisi itu penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil dan tubuh berkembang dengan semestinya. Pilih sumber nutrisi yang berasal dari makanan sehat dan rendah kalori.

5. Perlu atau Tidak Mengonsumsi Suplemen Tambahan?
Sebelum menenggak pil suplemen kalsium atau protein, pikirkan lagi. Perlu diingat, protein shake, bubuk serat atau tablet vitamin all-in-one bukanlah 'makanan ajaib' yang bisa menurunkan berat badan jika tidak diiringi dengan pola makan sehat. Jangan tergiur dengan iklan komersial yang menjanjikan tubuh cepat langsing hanya dengan mengonsumsi produk tertentu. Ditambah lagi, jika pola makan sudah sehat, Anda tak perlu lagi mengonsumsi suplemen tambahan.

http://wolipop.detik.com/read/2013/04/09/181121/2215837/849/5-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-mulai-diet-pelangsingan-tubuh?w991100234

Tidak ada komentar:

Posting Komentar