SELAMAT DATANG, SUGENG RAWUH, WILUJENG SUMPING, WELCOME

Blog ini dibuat dengan berdasar keingintahuan dan minat terhadap perkembangan IT. Bila masih banyak kekurangannya mohon dimaafkan dan bila berkenan dapat memberikan masukan guna perbaikan kedepannya. Bimbingan dari sesama blogger sangat saya nantikan... trims.

Selasa, 13 November 2012

Menguak Teka-teki Lagu Bohemian Rhapsody, Kontroversial dan Terbaik Sepanjang Masa (1)

QUEEN, band asal Inggris yang digawangi oleh Freddie Mercury (vocal,piano), Brian May (guitar,vocal), John Deacon (bass), Roger Taylor (drum) ini seperti band-band lain yang mengawali karirnya dengan tidak mulus. Sempat manggung di cafe hanya disaksikan waiters dan segelintir pengunjung, akhirnya setelah sekian lama (akuu menunggu, untuk kedatanganmu - ridho rhoma) berkecimpung dalam dunia permusikan, maka album perdana Queen diluncurkan pada tahun 1973.

Dengan pengaruh musik klasik yang ada pada Freddie Mercury dan pengaruh jazz yang ada pada Brian May, Queen menjelma menjadikan racikan musik yang unik khas Queen.

Pada tahun 1975 mengeluarkan album “A Night at Opera”. Di album ini ada salah satu lagu yang sangat hits bahkan sejak sebelum album diluncurkan, yaitu lagu “Bohemian Rhapsody”. Berawal dari Freddie Mercury yang menulis lagu ini dan merekamnya bersama awak Queen yang lain. Meski yakin akan keunikan lagu ini tapi Freddie sempat tak yakin lagu ini akan diterima oleh pasar karena durasinya yang cukup panjang. Freddie pun iseng memberikan copy lagu tersebut kepada Kenny Everet yg seorang DJ di radio London dengan maksud pribadi untuk didengarkan sendiri. Namun Everet nekat memutar lagu tersebut di radio, hasilnya cukup menggemparkan London. Dalam satu hari bisa sampai 14x lagu Bohemian Rhapsody diputar, hingga menempati urutan puncak sampai 9 minggu.

Di lagu ini terdapat bagian opera yang dinyanyikan oleh semua personel Queen, dengan koor khas musik opera. Koor ini direkam 180 voice (ada yang bilang 120) dengan menggunakan recording 24 track, sebuah terobosan yang sangat brillian pada saat itu.

Bohemian Rhapsody ini dinobatkan Guiness Book of Record sebagai lagu favorit (terbaik sepanjang masa) oleh lebih dari 31.000 responden. Bohemian Rhapsody juga pernah menjadi original soundtrack film Wayne’s World. Di album OST-nya, lagu ini ada di track list pertama.

Waktu saya kecil pernah lihat kartun walt disney, menggunakan lagu ini (bagian operanya saja) sebagai suara latarnya. Saat suara latar menggunakan lagu ini, Mickey Mouse, Goofy, Pluto, dan yang lain sedang berkelahi (dengan lucu pastinya) saling lempar barang-barang dan saling serang.

Penafsiran dari lirik lagu dalam lagu Bohemian Rhapsody ini juga mengundang perdebatan panjang, karena banyak pengamat musik mempunyai interpretasi tersendiri terhadap makna-makna yang terkandung dalam lagu Bohemian Rhapsody ini.

Bohemian Rhapsody lyrics :

(bagian 1 = intro) 0:00-0:48
Is this the real life ?
Is this just fantasy ?
Caught in a landslide
No escape from reality

Open your eyes
Look up to the skies and see
I’m just a poor boy
I need no sympathy
Because I’m easy come, easy go
Little high, little low
Any way the wind blows
Doesn’t really matter to me, to me

(bagian 2 = ballad) 0:48-2:36
Mama, just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he’s dead
Mama, life had just begun
But now I’ve gone and thrown it all away

Mama, uuuh
Didn’t mean to make you cry
If I’m not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters

Too late, my time has come
Sends shivers down my spine
Body’s aching all the time
Goodbye everybody
I’ve got to go
Gotta leave you all behind and face the
truth

Mama, uuh (anyway the wind blows)
I don’t want to die
I sometimes wish i’d never been born at all

(bagian 3 = solo guitar) 2:36-3:02

(bagian 4 = opera) 3:02-4:07
I see a little silhouetto of a man
Scaramouch, scaramouch
Will you do the fandango
Thunderbolt and lightning - very very frightening me
Galileo, Galileo
Galileo, Galileo
Galileo figaro-magnifico

But I’m just a poor
boy, nobody loves me
He’s just a poor boy from a poor family
Spare him his life from this monstrosity

Easy come, easy go, will you let me go
Bismillah!
No, we will not let you go - let him go
Bismillah!
We will not let you go - let him go
Bismillah!
We will not let you go - let me go
Will not let you go - let me go (never)
Never let you go - let me go
Never let me go
Ah
No, no, no, no, no, no,
(Oh mama mia, mama mia)

Mama mia, let me go
Beelzebub has a devil put aside for me
For me, for me
(bagian 5 = hard rock) 4:07-4:55
So you think you can stone me and spit in my eye
So you think you can love me and leave me to die
Oh baby, can’t do this to me baby
Just gotta get out
Just gotta get right outta here

(bagian 6 = outro) 4:55-5:55
Nothing really matters
Anyone can see
Nothing really matters
Nothing really matters to me

Kebanyakan di forum yang ngebahas lagu ini memang sekedar diambil kutipan lirik per lirik (mengutip Marzuki Alie: jangan mengambil sepotong-potong)
Tapi disini coba saya sajikan dalam satu lagu penuh (note: tidak mengikat “translate”, namun lebih ke tafsir dan maksud)
Let’s go beibeh,
ONE SONG ONE MEAN

* * *

1. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang ritual Bohemian Grove (pembakaran anak)

1.1 (intro) 0:00-0:48
Apakah ini harus kualami ?
Atau hanya di pikiranku ?
Aku akan terkubur
Tak bisa kulawan ritual ini
Sadarlah kalian !
Aku memang tak berdaya tapi aku tak butuh belas kasihan
Ada kelahiran pasti ada kematian
Kematian dengan cara apapun aku tak peduli

1.2 (ballad) 0:48-2:36
Tuhan, aku akan mati
Nyawaku sudah kian dekat
Tinggal menunggu untuk dicabut
Tuhan, memang aku belum dewasa
Tapi kini aku harus dikorbankan
Tuhan, keputusanMu tepat bila Engkau ambil nyawaku
Aku terima ini jalanku

Aku telah menjalani siksaan ini
Kini ajalku semakin dekat
Dan akan meninggalkan dunia ini
Meninggalkan kebohongan-kebohongan mereka semua
Tuhan, seandainya boleh memilih
Aku harap tak dilahirkan

1.3 (solo guitar) 2:36-3:02

1.4 (opera) 3:02-4:07
Aku telah lihat malaikat maut
Pelaku ritual bersorak senang
Nyawaku ditarik-tarik hingga kepalaku
Oh algojo,
Keputusan tepat, segera bakar aku

Aku tak berdaya dan tak ada yang peduli
(pelaku ritual: memang kami tak peduli)
Biarkan kematian segera mendatangiku
Ada kelahiran ada kematian, bagaimana ?
Percayalah pada Tuhan !
(pelaku ritual: kami tak akan menghentikan ritual ini)
Percayalah pada Tuhan !
(pelaku ritual: tak akan pernah)
Terkutuklah kalian, itu menguntungkanku

1.5 (hard rock) 4:07-4:55
Kalian pikir bisa beri kesengsaraan padaku ?
Kalian pikir bisa merawatku kemudian menghancurkanku ?
Kalian tak akan bisa
Ku hanya ingin keluar dari kesesatan kalian

1.6 (Outro) 4:55-5:55
Tak ada yang benar-benar penting
Kalian lihat semua
Tak ada alasan bagiku untuk disini lagi

= = =

2. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang anak yang tidak berbakti pada orangtua (membunuh ayahnya)

2.1 (intro) 0:00-0:48
Benarkah ?
Aku akan dipenjara ?
Dalam sel yang sempit
Terkurung dari kebebasan
Perhatikanlah keadaan
Meski aku tak berdaya, janganlah bersedih
Aku jahat, aku menyesal
Karna emosiku tak stabil
Apapun yg terjadi, tak jadi persoalan buatku

2.2 (ballad) 0:48-2:36
Mama, ku tlah bunuh ayahku
Kutodong kepalanya
Kutarik pelatuk dan dia tewas
Tapi itu tlah berlalu, kini aku menjadi tahanan
Mama, kutak bermaksud buatmu menangis
Bila aku tak kembali esok hari, lanjutkan seolah tak ada apapun yang terjadi padaku

Terlambat, hukuman tlah tiba
Terpuruk ku di penjara
Jiwaku pun berontak sepanjang waktu
Meninggalkan semua semua orang yang kukenal
Mama, kutak ingin mati
Karna belum bisa beri yang terbaik untukmu

2.3 (solo guitar) 2:36-3:02

2.4 (opera) 3:02-4:07
Aku dibayangi masa laluku
Apa yang kulakukan sungguh memalukan
Hempasan dan makian itu meremukkanku
Jalan petunjuk, jalan petunjuk
Astaga, itu yang saat ini sangat kubutuhkan

Tapi aku tak berdaya, tak ada yang memahamiku
(bayang masa laluku: itulah nasibmu)
Bayang masa laluku selalu menghantuiku
Aku telah membunuh tanpa merasa bersalah
Ya Tuhan!
(bayang masa laluku: Tuhan tak akan mengampunimu)
Ya Tuhan!
(bayang masa laluku: tidak, tak akan pernah)
Tolong ampuni aku
Ohh tidaaak,
Astaga, kenapa dosaku tak terampuni
Setan telah menguasai hati dan jiwaku

2.5 (hard rock) 4:07-4:55
Masa lalu tak dapat menghantuiku
Masa lalu tak dapat hentikan langkahku
Tak akan bisa
Aku akan bisa menyelesaikan hukumanku
Aku akan bisa memulai hidup baru

Hukuman ini tak berat
Masa lalu tak dapat mengekangku
Akan kujalani hidup baru yang

lebih baik

= = =

3. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang Freddie Mercury yang homoseksual dan mengidap AIDS dan menyadari hidupnya tak akan lama.

3.1 (intro) 0:00-0:48
Apa aku normal ?
Apa terlalu bernafsu ?
Terjebak di kehidupan abnormal
Tak bisa kuhindari
Aku diantara dunia luas ini
Aku hanyalah manusia biasa
Dan aku juga butuh ketenangan
Aku mudah marah mudah tenang
Juga senang dan sedih
Apapun yang terjadi, inilah jalanku

3.2 (ballad) 0:48-2:36
Mama, aku menyalahi kodratku
Membunuh kejantananku sebagai pria
Mama, ini terus terulang
Tapi sebentar lagi hilang sampai batas
Mama, kutak ingin kau bersedih
Bila tak bertemu aku disaat aku sadar
Tetaplah mengenangku

Terlambat, saatnya akan tiba
Penyakit akan datang menjemputku
Kekebalanku menurun sepanjang hari
Meninggalkan apa yang aku punya
Menanti datangnya ajal
Dan aku pergi dengan kebohonganku
Mama, sesungguhnya aku ingin normal
Karena akupun ada di dunia karna engkau

3.3 (solo guitar) 2:36-3:02

3.4 (opera) 3:02-4:07
Virus datang
Melemahkan kekebalanku
Merusak, menggerogoti kesehatanku
Virus baru yang tak dikenal sebelumnya
Akan sungguh mengejutkan

Aku manusia biasa, hingga bisa terjangkit
(AIDS: memang itu kamu)
Aku akan terus terjangkit
Apakah ada kemungkinan sembuh ?
Oh Tuhan
(AIDS: kau tak akan sembuh)
Oh Tuhan
(AIDS: tak akan pernah)
Oh virus itu tak akan hilang dariku
Oh tidak
Tolong biarkan aku
Daripada virus itu mengendalikanku

3.5 (hard rock) 4:07-4:55
Apakah ini akan membatasi gerakku ?
Apakah virus setelah mengendalikanku aku juga akan dikuasai ?
Tidak, aku akan tetap berkarya
Sampai nanti waktunya benar-benar tiba

3.6 (outro) 4:55-5:55
Tak ada yang benar-benar hancur
Semua akan kubuktikan
Aku akan terus berkarya

= = =

4. Bohemian Rhapsody menceritakan tentang Galileo Galilei

4.1 (intro) 0:00-0:48
Jaman memang beginikah ?
Atau ada banyak hal yang belum kita ketahui ?
Kita terjebak teori geosentris
Dan dipaksa harus mempercayainya
Cobalah kita melihat semesta
Aku hanya mengembangkan ilmuku, tak memaksa kalian mempercayainya
Aku menggali ilmu, dan inilah ilmuku
Aku dapatkan, aku praktekkan
Meski kalian menentang, aku akan tetap pada prinsip

4.2 (ballad) 0:48-2:36
Vatikan, aku telah mematahkan teori geosentris
Kenyataan kini datang
Menghantam kerasnya ajaran Aristoteles
Vatikan, bumi terus berputar
Tapi kini aku diasingkan
Vatikan, ku tak bermaksud menghilangkan pengaruhmu
Bila dimasa mendatang teoriku benar
Tetaplah bersikap wajar

Tapi apa, aku terpenjara
Membelenggu penelitianku, tak bisa kukembangkan teoriku
Selamat tinggal teori lama, aku tak akan bergeming dari kebenaran teoriku
Vatikan, ku tak mau terpasung begini
Yang mengakibatkan berhentinya penelitianku

4.3 (solo guitar) 2:36-3:02

4.4 (opera) 3:02-4:07
Aku selalu mendapat ancaman
Oleh pihak yang tak mau menerima kebenaran
Pengumuman ke publik bahwa aku menyesatkan
Galileo, inilah aku
“mengejutkan” “brillian”

Kuhanya dicerca, biarlah tak ada yang mendengarku
(vatikan: memang begitu)
Teori ini tak se-gegabah yang dulu
Cepat beranggapan dan dicerna begitu saja
Oh Tuhan
(vatikan: kami tak akan membiarkan teorimu)
Oh Tuhan
(vatikan: tak akan pernah)
Oh, sangat aneh mengekangku
Kecongkakan telah membutakan kalian karna membatasiku

4.5 (hard rock) 4:07-4:55
Kau pikir bisa mementahkan teoriku ?
Kau pikir bisa merayuku untuk meninggalkan pemikiranku ?
Oh tidak bisaaa
Ku hanya menjabarkan kebenaran penelitianku

4.6 (outro) 4:55-5:55
Tak ada yang mutlak dalam sains
Siapapun bisa memperbarui atau merevisi
Kembangkanlah apa yang kau miliki, niscaya akan ada pencerahan

= = =

5. Bohemian Rhapsody tak ada arti khusus, lirik-liriknya hanya menyesuaikan irama lagunya

* * * * *

Silhouetto : siluet, bayangan gelap
Scaramouch : pemalas
Fandango : tarian (biasa dalam ritual/voodoo)
Galileo : astronom, filsuf, fisikawan (bisa diartikan sebagai pengetahuan/pencerahan)
Figaro : fusi, reaksi, keterkejutan
Magnifico : indah, menakjubkan
Bismillah : menyebut nama Allah
Beelzebub : sebangsa setan




http://hiburan.kompasiana.com/musik/2011/03/25/menguak-teka-teki-lagu-bohemian-rhapsody-kontroversial-dan-terbaik-sepanjang-masa-351308.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar